Buruh SBSI 

Tiga Calon Hakim Ad Hoc PHI Yang Diusulkan SBSI Dinyatakan Lolos Ketahap II

JAKARTA – Penjaringan bakal calon Hakim ‘Ad Hoc‘ Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia (RI) telah melalui tahap seleksi Administrasi. Tiga dari empat calon yang diusulkan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) telah dinyatakan Komisi Yudisial (KY) lolos bersama 47 kandidat lainnya.

Kepastian tersebut dirilis KY dalam surat dengan Nomor: 08/PENG/PIM/RH.04/10/2017 di Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Tiga calon hakim yang lolos itu adalah Daulat Sihombing yang merupakan Advokat/ Konsultan, Jilun Dji dan Sardo Marianda Manulang yang merupakan Advokat di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) SBSI.

Selain 51 nama dari unsur Serikat Pekerja (SP) dan Serikat Buruh (SB) dalam surat tersebut juga dicantumkan 12 kandidat yang telah lolos dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Dirilisnya pengumuman tersebut mendapat kritikan dari Dewan Pengurus Pusat SBSI karena pada pengumuman seleksi adminitrasi calon hakim  tersebut ada keganjilan dengan tidak mencantumkannya nama SP atau SB yang mrngusulkan calon seperti tahun sebelumnya.

Sementara itu, salah satu kandidat bakal calon hakim yang lolos yaitu Sardo Marianda Manulang kepada SBSINEWS.COM mengatakan, dalam pengumuman itu para peserta diinformasikan akan mengikuti seleksi tahap II.

“Seleksi tahap II akan dilaksanakan pada 18 dan 19 Oktober 2017 dengan materi menulis makalah dengan judul yang ditentukan oleh KY dan Studi Kasus Hukum serta studi Kede Etik serta Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH),” katanya.(rahmat)

Related posts

%d bloggers like this: