Buruh Politik SBSI 

Serikat Buruh dan Politik

Jakarta, SBSINews – Secara prinsip Serikat Buruh (SB) harus independen dari politik. Namun, kenyataannya semua dasar dan wujud kehidupan buruh ditentukan politik.

Buruh sulit menyerahkan nasib hidupnya kepada partai yang tidak perduli atau yang tidak mengerti atau yang tidak bersedia memperjuangkan nasib buruh.

Karena itu semua SB di negara maju mempunyai partai politik (Parpol), tetapi Parpol yang interdependen kepada SB. Kalau SB yang menentukan Parpol, maka Parpol adalah alat SB, berarti SB tetap independen.

Idealnya, SB harus memiliki sebuah Partai Politik yang menjadi alat politiknya Serikat Buruh. Dapat juga dikatakan agar welfarestate dapat terwujud harus ada Partai Politik sebagai alat SBSI yang berjuang mewujudkannya.

Serikat Buruh di Indonesia yang ingin melihat buruh sejahtera, harus bersatu mendirikan Partai Politik mewujudkan welfarestate.

Dapat dibayangkan bila bersatu, Para Menteri yang bertanggungjawab atas kesejahteraan rakyat dipegang oleh pemimpin-pemimpin buruh (Tenaga kerja, pendidikan, sosial, kesehatan, koperasi UKM, perumahan, Riset dan Teknologi) nasib buruh pasti berubah.(Muchtar Pakpahan)

Related posts

%d bloggers like this: