Kongres SBSI 2018 SBSI 

Sekjen DPP SBSI: Siapa Yang Bakal Jadi Anggota Definitif di Kongres 2018?

Jakarta, SBSINews – Perhelatan pengambilan kebijakan tertinggi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) akan digelar pada Bulan April 2018. Tentu banyak yang menunggu datangnya moment tersebut. Tapi siapakah yang berhak hadir dalam moment empat tahunan itu. Apakah semua pengurus serta anggota SBSI berhak?

Beberapa hari belakangan ini, Dewan Pengurus Pusat SBSI tengah disibukkan untuk mendata calon peserta Kongres SBSI 2018. Data yang tengah dikumpulkan adalah status Koordinator Wilayah (Korwil) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) defenitive.

Timbul pertanyaan sudah definitifkah kita?

Syarat Korwil defenitif adalah Korwil yang sudah memiliki minimal tiga DPC dan terdaftar di Dinas Ketenagakerjaan serta aktif membayar iuran. Jika tidak dapat memenuhi persyaratan tersebut maka Korwil tidak dapat menjadi peserta yang sejatinya memiliki hak suara. Nah jika hal tersebut belum terpenuhi maka pada Kongres akan berstatus peninjau.

Demikianlah pula dengan DPC, untuk menjadi anggota tetap di Kongres harus memiliki tiga Pengurus Komisariat (PK) yang aktif membayar iuran atau hanya memiliki satu PK namun memiliki anggota minimal 400 anggota yang aktif membayar iuran.

Panitia memberikan penghormatan kepada pengurus defenitif untuk memiliki hak suara dan ikut membahas AD/ART, GBHO dan Resolusi hingga Tata Tertib Kongres.

Penjelasan diatas adalah penegasan bahwa Korwil dan DPC manapun selama sudah berstatus defenitif berhak mengikuti Kongres. Namun terhadap Korwil dan DPC yang belum defenitif hanya akan berstatus peninjau atau penggembira saja .

Ada pertanyaan jika demikian ketentuannya, berarti peserta Kongres tidak bisa sembarangan, asal ada ongkos ke Kongres jadilah peserta.

Mengapa harus begini, bukankah Kongres adalah acara besar organisasi yang perlu ramai dan meriah. Jawabannya, Kongres adalah perhelatan terbesar SBSI dan mestinya ramai dan meriah tetapi dimeriahkan dan diramaikan oleh pengurus yang mentaati Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga SBSI.

Bagi yang tidak patuh haruslah bertekad untuk patuh jika ingin menjadi bagian dari sejarah perjalanan SBSI.

Maka dari itu, selaku Sekretaris Jenderal SBSI saya menghimbau mulai hari ini defenitikanlah segera Korwil dan DPC kita masing-masing. Siapa lagi yang diharapkan menegakkan ketentuan organisasi kalau bukan kita sendiri.

adakah yang belum definitif?

Jawabannya, ada dan banyak. Siapapun yang belum merasa memenuhi kewajibannya pasti tahu dan paham dengan sendirinya. (Andi Naja FP Paraga)

Related posts

%d bloggers like this: