SBSI 

Ini Tiga Calon Hakim ad hoc Hubungan Industrial Untuk Mahkamah Agung Yang Di Usulkan SBSI

***

JAKARTA- Penerimaan Calon Hakim ad hoc Hubungan Industrial pada Mahkamah Agung (MA) Tahun 2017 telah menyelesaikan tahap penyerahan berkas persyaratan Administrasi, Selasa (19/9/2017) lalu.

 

Selanjutnya proses penerimaan akan memasuki tahap seleksi kualitas dan dilanjutkan dengan seleksi kesehatan dan kepribadian serta diakhiri dengan wawancara terbuka.

 

Setelah rangkaian tersebut Komisi Yudisial (KY) baru akan mengusulkan pengangkatan hakim ad hoc Hubungan Industrial pada MA dan juga DPR untuk mendapatkan persetujuan seperti rilis yang dikirimkan Komisi Yudisial tertanggal 29 Agustus Lalu.

 

Menyikapi hal tersebut Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) mengusulkan tiga hakim berpengalaman untuk mengikuti seleksi tersebut. Tiga calon hakim tersebut adalah Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi Dewan Pengurus Pusat (DPP) SBSI Daulat Sihombing, Anggota Majelis Pertimbangan Wilayah SBSI Provinsi Riau Sardo Marianda Manulang dan Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah SBSI Sumatera Selatan Jilun Dji.

 

Ketiga calon hakim yang diusulkan SBSI ini pada tanggal 19 September telah melengkapi semua berkas Administrasi.

 

Sejati-nya, KY membuka penerimaan usulan Calon Hakim ad hoc Hubungan Industrial pada Mahkamah Agung (MA) Tahun 2017 untuk delapan orang dengan komposisi empat orang dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan empat orang dari serikat pekerja atau serikat buruh.

 

Beberapa waktu lalu juru Bicara Komisi Yudisial, Farid Wajdi mengatakan proses seleksi berdasarkan surat Wakil Ketua MA RI Bidang Yudisial Nomor17/WK.MA.Y/VIII/2017 tertanggal 7 Agustus 2017 tentang Usul Rekrutmen Hakim Ad Hoc Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Mahkamah Agung RI.

 

“Mengingat hakim merupakan jabatan mulia yang berperan penting dalam mewujudkan peradilan yang bersih maka KY menekankan pada aspek kapasitas dan Integritas,” kata dia seperti dilansir dari kompas.com Rabu (25/9/2017).(mat)

foto by: hornas.co

Related posts

%d bloggers like this: