Buruh SBSI 

Bersiap Kembali Menggaungkan SBSI di Ranah Minang

JAKARTA – Ketua Umum Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Prof. Muchtar Pakpahan mengatakan bahwa dari informasi yang dimilikinya tidak ada satupun serikat buruh yang hidup apalagi berkembang di kawasan Sumatera Barat (Sumbar) saat ini.

Hal tersebut dikatakannya saat menggelar rapat pleno di kantor Sekretariat Dewan Pengurus Pusat (DPP) SBSI di Jalan Tanah Tinggi II, Jakarta, Senin (9/10/2017). Padahal beberapa tahun lalu Sumbar menjadi salah satu daerah yang serikat buruhnya dan serikat pekerjanya paling aktif.

“Kita juga tidak tahu apa yang terjadi dan apa penyebabnya, padahal dahulu SBSI sangat besar dan anggotanya banyak disana, semoga saja bakal kembali ada kader yang selanjutnya menggemakan SBSI di tanah ranah minang itu,” katanya.

Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa saat ini sudah ada komunikasi dengan salah satu buruh di Sumbar yang katanya siap menjadi Koordinator Wilayah (Korwil).

“Sekedar informasi saja, belakangan ini kita belum juga bisa menancapkan mendirikan SBSI di Sumbar. Lima tahun terakhir lima juga orangnya (Korwil.red) yang mencoba mendirikan SBSI tapi tidak ada yang jalan satupun,” ujar pria yang akrab disapa dengan MP tersebut.

Sementara itu, menjawab pernyataan Ketua Umum, Gusmawati Azwar yang saat ini menjabat selaku Sekretaris Wilayah (Sekwil) mengatakan bahwa dalam waktu dekat bakal ada perwakilan yang berencana kembali menggaungkan SBSI di Sumbar.

“Kita sudah dapat kontak dengan Irwandi dari Sumbar yang katanya akan datang ke Jakarta menindaklanjuti pengeluaran Surat Keputusan (SK) untuk medirikan SBSI di sana, semoga niat ini bisa segera terealisasi,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Irwandi selaku Koordinator wilayah sudah mengirimkan nama-nama calon pengurus DPC untuk Kabupaten Solok Selatan, Sijunjung, Darmasraya, Tanah datar dan Padang Panjang.(rahmat)

Related posts

%d bloggers like this: