Kongres SBSI 2018 SBSI 

Rapat Pleno Penyelarasan AD/ART SBSI Akhirnya Ditunda, Ini Penyebabnya

JAKARTA – Rapat Pleno pertama membahas Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) berlangsung hingga pukul 22.00 Wib di Gedung Biru, Lantai 2, Kantor Sekretariat Dewan Pengurus Pusat (DPP), Jalan Tanah Tinggi 2, Jakarta, Rabu (8/11/2017).

Kendati sudah dibahas selama dua jam, baru lima dari sepuluh Bab yang baru selesai dibahas. Maka dari itu, pembahasan AD/ART untuk Kongres 2018 akan kembali dikupas pada Senin mendatang.

Sebanyak enam pengurus secara bergantian membacakan poin per poin yang telah dibagi kedalam sepuluh Bab yang isinya sebanyak 49 pasal.

Amser Hutauruk, Sabinus Moa dan Vinsen Wangge menerangkan Bab pertama membahas terkait Nama, Kedudukan, Status, Bentuk dan Kedaulatan yang dibagi menjadi lima pasal. Bab II membahas Asas, Landasan, Tujuan, Fungsi dan Usaha, Bendera, Lambang dan Lagu SBSI,

“Bab III membahas Keanggotaan, Hak Anggota, Kewajiban Anggota dan Sanksi. Pada Bab VI dibahas Pengambilan Keputusan, Tingkat Keputusan. Pada Bab ke lima dibahas terkait Kongres dan Kongres Luar Biasa, Rapat Musyawarah Nasional, Rapat Kerja Nasional, Rapat Pleno, Rapat Harian Dewan Pengurus Pusat, Rapat Harian Dewan Pengurus Pusat Federasi, Kongres Federasi, Rapat Kerja Wilayah, Rapat KoordinasiWilayah,” katanya secara bergantian.

Lebih lanjut, Gusmawati Azwar, Netty Saragih dan Mulyono mengungkapkan bahwa rapat pembahasan AD/ART diakui mengalami sejumlah perbaikan dan perubahan guna memperbaiki tatanan organisasi untuk lebih baik dimasa yang akan datang.

“Komisi AD/ART akan melanjutkan pembahasan sejumlah Bab dan akan dirancang lebih maksimal jelang Senin depan,” Kata Gusmawati Azwar kepada SBSINews.com usai rapat malam ini.(mat/Julio)

Related posts

%d bloggers like this: