Kongres SBSI 2018 SBSI 

Begini Suasana Rapat Pertama Komisi GBHO SBSI

JAKARTA – Rapat Pleno pertama membahas terkait Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) dan Resolusi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia di Gedung Sekretariat Dewan Pengurus (DPP) di Jalan Tanah Tinggi II, Jakarta berlangsung positif.

Sebanyak 26 Pengurus Dewan Pengurus Pusat (DPP) dan kader SBSI ikut berpartisipasi membahas fungsi dan amanah dari Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) tersebut.

Ketua Umum Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Prof. Muchtar Pakpahan menjelaskan bahwa GBHO berfungsi sebagai petunjuk dan arah organisasi untuk tahun-tahun selanjutnya.

“Saya menilai materinya Pleno hari ini sangat berbobot dan bagus, namun perlu perbaikan redaksi. Dalam GBHO juga membahas rekomendasi terkait AD/ART untuk dijalankan secara garis besar oleh setiap pengurus dan anggota SBSI serta kemana arah kebijakan kita sebagai serikat buruh. Bedanya AD/ART merupakan aturan main sementara GBHO adalah pedoman dan idiologi,” katanya.

Dalam rapat tersebut dengan rinci dibahas terkait posisi dan peran SBSI dalam Globalisasi termasuk Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dari aspek Internal dan Eksternal. Selanjutnya juga dibahas terkait posisi SBSI dalam menyikapi eksploitasi alam dan penguasaan tanah.

Komisi GBHO Andi Naja FP Paraga dan Jacob Ereste, Leonardo Gultom yang hadir menyampaikan dengan rinci kondisi dan posisi SBSI saat ini dan dimasa yang akan datang.

“Selain itu, dibahas juga posisi SBSI dalam Hubungan Industrial, Posisi dan perasn SBSI diantara serikat buruh dan juga dalam peta politik,” kata Andi Naja FP Paraga.(Julio/mat)

Related posts

%d bloggers like this: