Buruh SBSI 

Prinsip dan Nilai Perjuangan SBSI

SBSI Kuat Rakyat Sejahtera dan Buruh Bersatu Pasti Menang.

Dari hasil perjalanan saya ke berbagai negara, negara yang sejahtera dan makmur rakyatnya ternyata kesejahteraan dan kemakmuran itu adalah hasil dari perjuangan Serikat Buruh serta Serikat Buruhnya kuat.

Dari perjalanan itu saya berkesimpulan ada korelasi Serikat Buruh yang kuat dengan kesejahteraan rakyat. Dengan demikian Serikat Buruh kuat adalah syarat mutlak mewujudkan rakyat buruh yang sejahtera dan makmur.

Selanjutnya Serikat Buruh yang kuat itu ada hubungannya dengan sistem negara yang menerapkan welfarestate.

Dari itu saya berkesimpulan lagi, tanpa sistem negara welfarestate, rakyat buruh, petani dan nelayan tidak akan menikmati hidup sejahtera. Itu sebabnya sejak deklarasi visi perjuangan SBSI adalah mendirikan negara welfarestate.

Per Oktober 2017 ada 72 Serikat Buruh yang diundang Komisi Yudisial untuk ikut mencalonkan Hakim Agung Ad-hok, satu di antaranya SBSI.

Seandainya semua Serikat Buruh itu bersatu ke dalam satu wadah yang saya usulkan namanya Dewan Buruh Nasional, Serikat Buruh akan menang mewujudkan welfarestate. Itu sebabnya berulangkali saya berusaha menyatukan, tetapi belum berhasil.

Karena membuat buruh bersatu adalah sulit, kelihatannya lebih mudah membangun kembali SBSI yang kuat. Itulah sebabnya ada slogan SBSI Kuat Rakyat Seahtera dan Buruh Bersatu Pasti Menang.

Bersama ini saya serukan, mari kita bangun SBSI yang kuat, atau kita galang persatuan serikat buruh agar kuat memenangkan welfarestate.

Ditulis Oleh: Prof. Muchtar Pakpahan

Related posts

%d bloggers like this: