Buruh SBSI 

Inilah Lima DPC Baru Ini Yang Bakal Menjadi Harapan Buruh Di Sumbar

JAKARTA – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) untuk lima Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Sumatera Barat (Sumbar) untuk kembali menggairahkan serikat buruh di Minangkabau.

Hal itu dikonfirmasi kepada SBSINews.com di Kantor Sekretariat DPP SBSI Jalan Tanah Tinggi II, Jakarta, Senin (6/11/2017).

“Ya, kita sudah tanda tangani SK beberapa hari lalu dan langsung dikirim kembali ke Sumbar. Lima DPC SBSI baru itu adalah Solok Selatan, Darmasraya, Kota Padang Panjang, Batusangkar dan Sijunjung,” kata Gusmawati Azwar.

Lebih lanjut Gusmawati mengatakan bahwa hadirnya SBSI di Sumbar diharapkan akan menjadi jawaban untuk membantu permasalahan buruh di Ranah Minang sehingga buruh akan bisa mendapatkan hak serta melaksanakan kewajibanya dengan lebih maksimal.

“Saya berharap, SBSI akan besar lagi di Sumbar seperti beberapa tahun lalu. Semoga saja target yang dicanangkan DPP SBSI bisa diwujudkan sehingga SBSI Sumbar bisa menjadi anggota peninjau saat digelarnya Kongres SBSI 2018,” ujarnya.

Untuk menjadi anggota Definitif di Kongres SBSI 2018, tantangan yang harus dipenuhi Korwil dan DPC SBSI adalah memiliki DPC yang sudah terdaftar di Disnaker. Setiap DPC memiliki minimal tiga Pengurus Komisariat (PK) yang setiap PK minimal 200 anggota, membayar iuran tetap dan DPC harus melaksanakan Konfercab. Jika hal ini tidak terpenuhi tentu Korwil dan DPC akan menjadi peserta peninjau.

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) SBSI, Prof Muchtar Pakpahan di Jakarta mengungkapkan bahwa dari data dan informasi yang dimilikinya belum ada satupun serikat buruh yang hidup apalagi berkembang di Sumbar.

“Beberapa tahun lalu SBSI memiliki anggota yang sangat banyak di Sumbar, namun sayangnya dari fakta lima tahun terakhir belum ada kemajuan yang nyata dari SBSI, harpan besar tentu dipikul pengurus saat ini untuk kembali menggaungkan dan membantu buruh di Sumbar,” katanya.(mat)

Related posts

%d bloggers like this: