Buruh SBSI 

SBSI Sulut Terus Berkembang, Sebanyak 13 dari 15 DPC Sudah terbentuk

JAKARTA – Koordinator Wilayah (Korwil) Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Sulawesi Utara (Sulut), Jemmy Mokolensang mengungkapkan bahwa saat ini di provinsi tersebut Serikat Buruh (SB) terus berkembang. Dari data yang sudah ada, lebih kurang sebanyak 15 ribu buruh sudah bergabung dengan SBSI Sulut, Rabu (1/11/2017).

Hal itu dikatakannya kepada SBSINews.com melalui pesan singkat WhatsApp hari ini. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sudah mengkoordinir sebanyak 13 Dewan Pengurus Cabang (DPC) dari 15 Kabupaten dan Kota di Sulawesi Utara.

“Dari 15 Kabupaten dan Kota di Sulut tinggal dua yang belum terbentuk namun tengah dipersiapkan dan rencananya akan rampung bulan November ini yaitu kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kepulauan Singihe,” katanya.

lebih lanjut ia mengatakan bahwa ia bersama pengurus menargetkan secepat DPC dibentuk dan membentuk Pengurus Komisariat (PK) yaitu setiap DPC minimal memiliki tiga PK.

“Tapi untuk lebih maksimal saya memberikan target kepada ketua DPC untuk mendirikan liam PK. Jika dikalkulasikan perkembangan SBSI di Sulawesi Utara hingga saat ini sudah mencapai 80 persen. Kedepan saya berharap SBSI Sulut akan menjadi salah satu barometer SBSI di Indonesia,” paparnya.

Saat ditanya terkait isu terhangat saat ini yaitu kenaikan UMP yang berkisar 8,7 persen Jemmy Mokolensang mengatakan bahwa angga itu masih rendah karena seharusnya kenakan itu minimal sekitar 10 persen.

“Kenaikan UMP sebesar 8,7 persen untuk tahun 2018 masih kecil. Seharusnya minimal 10 persen, tapi hal itu juga tidak juga bisa disalahkan karena selain pengurus sebelumnya tidak jalankan program dan kita juga tidak memiliki perwakilan di dewan pengupah, di Sulawesi Utara,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Korwil SBSI Sulut Beatrix Nidya Pontolaeng mengatakan bahwa dari data keikutsertaan Rakerwil terdata sebanyak 250 orang yang hadir. Hal itu bukanlah jumlah keseluruhan anggota melainkan data peserta Rakerwil.

“Selain sudah ada 13 DPC yang terbentuk, SBSI Sulut juga memiliki federasi-federasi sesuai panduan dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) SBSI sebagai bentuk memperluas jaringan dan kerjasama,” katanya.

sebelumnya, SBSI Sulut telah sukses menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) sebagai syarat untuk menjadi anggota tetap pada Kongres SBSI 2018. Rakerwil itu dihelat di Hotel Sahid Kawanua Manado, Jumat – Sabtu (27-28/10).(mat)

Related posts

%d bloggers like this: