Buruh SBSI 

PHK Sepihak, Ini Pengakuan Saksi Dalam Sidang Kedelapan PN di Pekanbaru

Dumai, SBSINews.com – Sidang ke delapan Perselisihan Hubungan Industrial kembali digelar dengan agendakan pemeriksaan saksi dan penyerahan bukti-bukti dari penggugat yaitu Ismunandar korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak oleh tergugat 1 yaitu PT Aman Arwita Maritime dan tergugat 2, PT. Pelindo 1 Cabang Dumai, Riau.

Dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Pekanbaru Selasa (19/12) itu dua saksi yang dihadirkan yakni Mangasa Purba dan Rikardo Simanjuntak kepada Majelis Hakim mengungkapkan bahwa melihat dan mendengar adanya keributan.

“Saat itu memang ada keributan kecil di parkiran sepeda motor areal pelabuhan Indonesia I, cabang Dumai, saya melihat hanya adu mulut saja tidak ada adu fisik,” kata saksi Mangasa.

Menyikapi permasalahan tersebut, Ketua DPC SBSI Kota Dumai, Supardi berharap supaya permasalahan dari saudara Ismunandar ditegakkan seadil-adil nya dan selesai secepatnya, karena sudah melewati batas waktu yang sudah ditetapkan di dalam undangan-undang No 2 Tahun 2004 pasal 103.

“Majelis Hakim wajib memberikan putusan penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial dalam waktu selambat-lambatnya 50 hari kerja terhitung sejak sidang pertama, ” ujarnya.

Melihat permasalahan yang terjadi Ketua Harian DPC SBSI Kota Dumai, Tengku Sayyed Hasrian merasa ada kejanggalan terhadap laporan yang masuk ke PN Pekanbaru yang berlawanan dengan fakta yang telah terjadi perselisihan berupa dugaan mencoba melakukan penganiyaan terhadap atasan.

“Menurut atasan perusahaan, penggugat diduga berada dalam kamar kerja tertutup, melawan perintah atasan, berkata kotor, dan lainnya yang dalam hal ini kesalahan tersebut dinyatakan kesalahan besar. Dengan alasan tersebut pihak perusahaan melakukan pemberhentian dengan tanpa memberikan hal apapun sebagaimana dimaksud penggugat didalam tuntutannya adalah dibenarkan secara hukum,” ujarnya Tengku Sayyed.(Hasan)

Baca Juga: http://sbsinews.com/begini-nasib-pilu-pekerja-di-pabrik-gula-kota-dumai/

Related posts

%d bloggers like this: