Buruh SBSI 

Muchtar Pakpahan: DPP SBSI Tawarkan Pembuatkan Koperasi Untuk Petani Garam

Jabar, SBSINews – Puluhan petani garam di Cirebon semakin gusar karena sejumlah permasalahan. Hal itu terlihat saat Ketua Umum (Ketum) Serikat Buruh Sejahtera Indonesia Prof. Muchtar Pakpahan hadir mengunjungi mereka terkait Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil), Kamis (28/12).

Usai membuka Rakorwil SBSI Jabar, pria yang akrab disapa MP itu bersama Ketua Konsolidasi SBSI Amser Hutauruk dan Sekretaris Wialayah 1 dan II, Hendrik Hutagalung serta Wakil Koperasi SBSI Djody Sutrisno Marsudioko dan para petani garam menunjau lokasi.

Setelah melihat kondisi yang ada dan dengan sejumlah permasalahan yang dikeluhkan para petani MP menyarankan agar para petani membentuk dan mengelola Koperasi yang nantinya akan mampu menjadi solusi.

“Para petani garam yang tergabung dalam PK Petani Garam SBSI bercerita bahwa permasalahan yang terus terjadi adalah harga yang selalu di tekan tengkulak, bermasalahnya saluran air dan kurangnya peralatan kincir air, pompa air, kurangnya plastik, silinder, karung pagar bambu dan mesin babat rumput, dan menurut kami DPP SBSI mendirikan koperasi adalah solusi terbaiknya,” kata MP.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan membentuk dan mengelola koperasi secara mandiri diyakini para petani bisa membuat pasar dan harga sendiri sehingga tidak perlu terlalu bergantung pada tengkulak lagi. Untuk masalah teknis dan peralatan tentu koperasi akan sangat membantu.(mat)

Baca Juga: http://sbsinews.com/rakorwil-sbsi-jabar-ternyata-dihadiri-puluhan-petani-garam/

Related posts

%d bloggers like this: