BPJS 

Ini Target BPJS Ketenagakerjaan Tahun Depan Melalui Program GN Lingkaran

Surabaya, SBSINews – Tahun depan, program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) menargetkan sebanyak 600 ribu pekerja bergabung dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Hal tersebut dikatakan Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E. Ilyas Lubis kemarin. Ia mengkalim di yang mengkalim bahwa target tahun ini telah terlewati dengan bergabungnya peserta hampir 500 ribu.

“Ini menunjukan semangat dan rasa kesetiakawanan sosial semakin tinggi dari perusahaan yang menjadi donatur program GN Lingkaran ini,” kata Ilyas pada Puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Rabu (20/12).

Tak hanya itu dijelaskanya, bahwa hingga kini ada ratusan perusahaan yang telah mengalihkan dana CSR nya untuk membantu para pekerja rentan. Ia menghimbau agar 125.000 perusahaan besar lainnya ikut tergerak dalam program GN Lingkaran.

“Pekerja rentan ini adalah mereka yang bekerja di sektor informal dengan pendapatan yang sangat marginal atau hanya cukup untuk kehidupan sehari-hari, misalnya ada pemulung dan pekerja kasar,” ujarnya.

Baca Juga: http://sbsinews.com/bpjs/menko-pmk-puan-maharani-serahkan-kartu-bpjs-ketenagakerjaan-untuk-4100-peserta/

Menurutnya, para pekerja rentan ini perlu dikutkan premi BPJS TK agar biaya hidupnya tetap terkover ketika mengalami kecelakaan kerja.

Lebih lanjut, Ilyas juga mengatakan kendala yang dihadapi yaitu kurangnya kesadaran para peserta BPJS TK melanjutkan pembayaran preminya ketika dana CSR dari perusahaan sudah selesai.

“Pemberian premi kepada pekerja rentan ini bergantung perusahaan tersebut, ada yang hanya 6 bulan, ada yang 12 bulan dengan premi paling kecil Rp16.800 dengan asumsi penghasilannya Rp1 juta/bulan,” paparnya.

Related posts

%d bloggers like this: