Padang, SBSINews – Imunisasi adalah salah satu upaya promosi kesehatan yang paling efektif di seluruh dunia. Sejak pertama kali diperkenalkan, imunisasi telah menurunkan angka kecacatan dan kematian akibat penyakit menular di dunia. Bahkan mengeliminasi beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).

Pernyataan itu disampaikan Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) wilayah Sumatera Barat, (Sumbar) Didik Harianto, dalam seminar dan pelantikan Advokasi dan Kampanye Imunisasi MR fase II dan Surveilans PD3I, di Grand Inna Muara Hotel Padang, Senin, (23/7/2018)

Dikatakannya penyakit Rubela pada ibu hamil muda, sampai usia kehamilan 1 bulan, dapat mengakibatkan kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Penyakit itu dikenal dengan istilah sindrom rubela kongenital yang secara khusus dapat menyebabkan kelainan mata berupa katarak, gangguan pendengaran, penyakit jantung bawaan, dan mikrosefaii (ukuran kepala kecil) yang mengakibatkan keterlambatan perkembangan.

“Untuk mengurangi dampak seperti itu, pengurus lDAl pusat bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI dan WHO, serta atas dukungan dari daerah, IDAI hadir untuk mensosialisasikannya kepada masyarakat melalui posyandu, salah satunya dengan seminar ini” kata dia.

Lebih lanjut dikatakannya seminar ini dilaksanakan di bulan Juli secara bersamaan di 14 kota diseluruh Indonesia. Yaitu Kota Lampung, Manado, Makassar, Pekanbaru, Jayapura, Aceh, Palembang, Pontianak, Medan, Kupang, Padang, Banjarmasin, Balikpapan dan Lombok.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan penyegaran kepada tenaga kesehatan meliputi dokter spesialis anak, dokter umum, bidan, perawat, mengenai pelayanan imunisasi dan mempersiapkan tenaga kesehatan untuk menyukseskan kampanye imunisasi MR fase ll di luar Pulau Jawa, serta meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan mengenai surveilans PD3l,” jelasnya. (Esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here