Featured 

PK Baru Bangkit Di Dumai, Tengku Sayyed Serahkan Berkasnya Kepada Ketua DPC

Setelah menggelar rapat, puluhan karyawan salah satu perusahaan di Kota Dumai, akhirnya menyepakati untuk bergabung dengan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI).

Kepastian itu disikapi dengan dibentuknya Pengurus Komisariat (PK) di rumah Sekretaris SBSI Kota Dumai, Provinsi Riau, Diana Suhaimi tepatnya di Jalan Bumi Ayu, Dumai Selatan, Kamis (19/10).

Menyikapi hal itu, Ketua Harian Dewan Pengurus Cabang (DPC) SBSI Kota Dumai Tengku Sayyed Hasrian Alhinduan yang sebelumnya mengomandoi rapat tersebut langsung bergerak cepat menyerahkan surat pengajuan tersebut kepada Ketua DPC SBSI Kota Dumai, Supardi.

“Setelah rapat bersama, saya mengantarkan PK dari salah satu perusahaan yang ada di kota Dumai. Ada lebih kurang 50 anggota yang telah siap bergabung bersama SBSI,” katanya.

Lebih lanjut Tengku mengatakan bahwa serikat pekerja atau serikat buruh merupakan organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja atau buruh baik di perusahaan maupun di luar perusahaan yang sifatnya bebas, terbuka, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab guna memperjuangkan dan membela serta melindungi hak serta kepentingan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja atau buruh dan keluarganya.

“Demikian disebut dalam Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja atau Serikat Buruh”, tegas Tengku Sayyed Hasrian Alhinduan kepada SBSINEWS.COM.

Sekedar informasi, pada saat pengukuhan DPC Kota Dumai beberapa waktu lalu keberadaan serikat buruh dan serikat pekerja telah diakui oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Dumai, H. Suwandi.

Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri dan  memberikan sambutan pada saat pelantikan sebanyak 17 pengurus oleh Sekretaris Wilayah Sumatera, Amser Hutauruk di Pendopo, Rumah Dinas Walikota Dumai, Kamis (21/09).

Berikut data SP/SB yang tercatat di Disnakertrans Kota Dumai diakhir bulan Januari 2017. Ada SBSI 1992, Serikat Buruh Kota Dumai (SBKD), Serikat Pekerja Kota Dumai (SPKD), STKD, Kamifarho, SP Patra SK, SP IUPHHK-HA PT Diamon Raya Timber, Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kota Dumai. SP Dharma Patra (SP-Patra) Kota Dumai, SP-KMPT Pertamina RU II Dumai, Serikat Buruh Pemuda Dumai (SBPD) dan F.SPTI-K.SBSI Kota Dumai.(ist)

Related posts

%d bloggers like this: