Database 

Peringatan Hari May Day SBSI 2017

Jakarta, 18 – April – 2017
Nomor :AB.303/DPP-SBSI-IV/2017
Perihal : Pesan May Day 2017 dan HUT ke 25

Kepada Yth,
Seluruh Koordinator Wilayah dan
Seluruh Dewan Pengurus Cabang
Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI)
Di
T e m p a t

Dengan Hormat dan
Salam solidaritas,

1. Tiap 1 Mei adalah hari buruh dan telah kembali menjadi hari libur nasional, yang populer dengan sebutan May Day. Setelah berpuluh tahun buruh menuntut jam kerja 8 jam perhari dan 40 jam perminggu sebagai dasar perjuangan menghentikan eksploitasi, ahirnya pada mogok seluruh dunia 1 Mei 1898, disepakati oleh tripartit Internasional kerja 8 Jam sehari dan 40 jam Seminggu. Hari itu menjadi awal kemenangan buruh, selanjutnya dinamai May Day.

2. Kondisi saat ini, merayakan May Day diekpresikan dalam dua kegiatan, bergembira karena merayakan hari kemenangan buruh dan atau aksi demonstrasi menyampaikan bentuk-bentuk penderitaan buruh dan harapan jalan keluar.

3. Secara nasional sesuai Keputusan Rakernas SBSI 2016, dalam May Day SBSI mengekspresikan keberatan kehadiran PP 78 tahun 2015 tentang Pengupahan, serta mengekpresikan problem dan penderitaan nyata yang sedang dialami di daerah. Tapi dalam mengekspresikan penderitaan tersebut, berusaha menjauhkan SBSI dari image kekerasan yang menimbulkan image menakutkan.

4. 25 April 2017, SBSI genap berusia 25 tahun. Sangat diharapkan Korwil dan DPC menyelenggarakan Upacara Ulang Tahun. Sangat diharapkan lagi, menyelenggarakan bersama-sama bila ada DPC lebih dari satu. Hal ini perlu membangun Soliditas dan Solidaritas.

5. Lakukanlah May Day dan HUT SBSI ke 25 dengan mempedomani tiga butir diatas serta AD/ART SBSI.

Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

DEWAN PENGURUS PUSAT
SERIKAT BURUH SEJAHTERA INDONESIA
( DPP SBSI )

Related posts

%d bloggers like this: