BPJS 

Puan Maharani: Cost Sharing Akan Kendalikan Defisit BPJS Kesehatan

JAKARTA – Pemerintah mewacanakan melakukan berbagi beban dengan daerah (Cost Sharing) untuk mengendalikan dan mengantisipasi kian melebarnya defisit yang dialami BPJS Kesehatan.

Wacana itu dikemukakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani di Kantornya Jalan Medan Barat no 3, Jakarta Pusat, Senin (6/11).

Ia juga menjelaskan bahwa konsep Cost sharing mengadopsi prinsip gotong royong untuk tetap memberikan layanan kepada rakyat.

“Salah satu policy yang bisa dilakukan dengan Pemerintah Daerah guna mengatasi permasalahan BPJS kesehatan agar difisitnya tidak berlarut-larut,” katanya.

Lebuh lanjut Puan mengungkapkan bahwa pemerintah juga akan mengalokasikan penerimaan cukai rokok mengantisipasi lonjakan defisit.

Pemerintah pusat terus mendorong peranan pemerintah daerah bukan hanya pada tataran preventif dan persuasif atas hak dan kewajiban layanan BPJS Kesehatan, namun juga mengalokasikan kemampuan daerah untuk menambah ruang defisit.

“Peran Pemda kedepan bisa ikut aktif bukan hanya untuk preventif saja, tapi juga uang yang ada di Pemda bisa dilakukan pelayanan kesehatan,” paparnya.(mat)

Related posts

%d bloggers like this: