Ekonomi 

Darmin Nasution Mengklaim Pemerintah Tengah Belajar Dari Pengalaman Zaman Orde Baru

Jakarta, SBSINews – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengklaim bahwa saat ini pemerintah tengah belajar dari pengalaman pemerintah orde baru.

Ia mengatakan bahwa pada Orde Baru pertumbuhan ekonomi tinggi namun sering menjadi terlalu panas sehingga berdampak dengan dilakukannya pemangkasan anggaran untuk proyek-proyek dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Kita tidak menginginkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tinggi namun tidak diimbangi dengan kapasitas ekonomi yang mumpuni,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan Overheating dimulai dengan pertumbuhan ekonomi tinggi yang langsung diikuti dengan pertumbuhan impor yang lebih cepat. Jika impor lebih cepat dari ekspor maka yang terjadi defisit transaksi berjalan.

Saat ini pemerintah mencoba mengindentifikasi apa saja sektor industri hulu yang harus dimulai supaya nanti tidak terlalu rentan terhadap kenaikan impor kalau pertumbuhannya naik.

Tak hanya itu, Darmin juga menyebutkan ada tiga kelompok besar industri yang perlu terus dikembangkan, yang pertama kelompok industri besi dan baja, industri petrokimia dan industri kimia dasar yang sebagian produknya berujung untuk kegiatan farmasi.

Baca juga: https://www.antaranews.com/berita/670380/pemerintah-tak-ingin-ekonomi-tinggi-tapi-overheating

Related posts

%d bloggers like this: